24 November 2017, Mengawali Perayaan Sekaten Di Kraton Solo


    

KORANJURI.COM- Upacara adat tradisi Sekaten yang di gelar setiap tahun oleh Kraton Kasunanan Surakarta, tahun ini bertepatan dengan grebeg dal dalam perhitungan kalender Jawa Sultan Agung Hanyokrokusuma.

Grebeg dal terjadi hanya setiap delapan tahun sekali. Sedangkan Sekaten sendiri oleh Kraton di kenal dengan nama grebeg mulud karena jatuh pada bulan Maulud dalam penanggalan Jawa.

baca: Dandang Sedudo Milik Jaka Tarub Akan Di Pakai Menanak Nasi Dalam Acara Grebeg Dal Di Kraton Solo

Dalam keteranganya di hadapan awak media, Gusti Dipokusumo selaku Pengageng Parentah Kraton mengatakan, Sekaten tahun ini di mulai pada tanggal 24 November 2017 , yang di tandai dengan keluarnya gamelan pusaka kiai Guntursari dan kiai Gunturmadu dari Kraton ke mesjid agung.

Kedua gamelan tersebut imbuh Gusti Dipo, akan ditabuh setelah ba’da Dzuhur.

Tetapi sebelumnya kata Dipokusumo, pihak Kraton akan menggelar prosesi serah terima, doa dan ulasan singkat sejarah perayaan tradisi sekaten.

” Selama sepekan gamelan Sekaten di tabuh di saat saat tertentu di masjid agung. Puncaknya Jumat  sepekan kemudian di tutup dengan acara grebeg mulud gunungan Sekaten” Pungkas Dipo dalam release nya/ JK

Please follow and like us:
1

    


123

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*