Ruwatan Sukerta 2017 Di Kraton Solo


    

ruwatan sukerta 2017 di kraton solo

KORANJURI.COM- Kementerian Pendidikan & kebudayaan bekerja sama dengan Pemkot Solo dan Kraton Kasunanan Surakarta menggelar event budaya Ruwatan Sukerta 2017, Sabtu 14 Oktober 2017 bertempat di pendhapa Sasonomulya Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Tradisi yang di gelar pada saat bulan sura dalam penanggalan Jawa ini kata GPH. Dipokusuma, selaku pengageng parentah Kraton, sebagai upaya membersihkan diri dari keburukan. Pembersihan tidak hanya pada manusia, tetapi secara umum juga untuk kraton, kota Solo dan bangsa negara Indonesia secara luas.

‘ Ruwatan Sukerta adalah budaya tradisi adi luhung yang harus kita pertahankan, jangan sampai budaya ini di akui oleh bangsa lain’ imbuhnya

Di seluruh dunia banyak negara memiliki budaya ruwatan, meski tata cara dan pelaksanaanya berbeda, tetapi hakikat ruwatan sebenarnya sama. Hanya saja yang membedakan, khususnya di dalam lingkungan masyarakat Jawa, ruwatan di lakukan dengan cara menggelar pagelaran wayang kulit.

Meski diakui oleh Dipokusuma, ada juga ruwatan di Jawa yang tidak memakai pagelaran ringgit, tetapi makna dan hakikatnya sama.

Ruwatan sukerta 2017 di ikuti kurang lebih 200 peserta ruwatan yang terdiri dari anak anak dan dewasa. Para peserta ruwatan gratis, hanya membewa kain mori putih sepanjang 2,5meter untuk pakaian ruwatan. Ruwatan di lakukan oleh  Ki Lebdo Pujangga Harimurti, dalang ruwat dari kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Sebelum prosesi ruwatan di lakukan, lebih dulu para peserta di kirab dari pendapa Suryohamijayan ke pendhapa Sasanomulyo Kraton Solo.

‘Usai kirab barulah prosesi siraman pertama kali di lakukan oleh Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo, Irjen Kebudayaan, Daryanto. GPH. Dipokusuma dan Wakil Walikota Solo, Purnomo.

‘ Setelah prosesi siraman kemudian di susul pemotongan rambut oleh dalang ruwat. Di akhir acara ruwatan, mori pakaian ruwat kemudian di kumpulkan menjadi satu, keesoakan harinya di larung di segara kidul ‘ pungkas GPH. Dipokusuma / Jk

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

    


123

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*